Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

√ 17+ Cara Mengatasi Hp Android Anda Yang Cepat Panas
Memberikan 17+ tips atau cara mengatasi Hp Android anda yang cepat panas dengan penjelasan yang mudah dipahami dan bisa langsung anda praktekan!

Pernahkan anda mengalami hal dimana HP terasa panas saat dipegang? Tentunya, hal ini terasa tidak nyaman bukan? Terlebih, bagi kalian yang sering menggunakan HP.

Bukan hanya tidak nyaman, namun hal ini juga mampu berdampak buruk bagi kesehatan dan berdampak buruk bagi HP.

Overheat atau panas berlebih memang menjadi masalah yang sering dialami oleh HP. Ternyata, HP yang sering disebut sebagai alat pintar juga memiliki beberapa kelemahan.

Salah satunya yakni terkadang HP terasa panas dan membuat kinerja HP menjadi lemot.

Namanya juga barang elektronik, pasti ada penurunan kualitas seiring waktu.

Terlebih HP ini digunakan bukan hanya untuk telepon dan sms saja. Sekarang, berselancar di internet, main games, main media sosial, bahkan penunjang aktivitas sehari-hari ada di smartphone.

Wajar jika kemudian waktu, penggunaan smartphone jadi lebih tinggi dibanding penggunaan HP biasa satu dekade lalu.

Penggunaan yang amat tinggi inilah yang memicu HP untuk cepat panas dan akan berefek pada perfoma HP yang menurun drastis. Namun, anda tak perlu khawatir dengan hal itu.

Karena, pada artikel ini, saya akan berbagi tips dan trik bagaimana cara mengatasi HP yang lemot.

Instal Aplikasi Seperlunya

RAM merupakan salah satu komponen yang mengorganisir secara langsung penggunaan aplikasi pada HP.

Otomatis apabila banyak aplikasi pada HP, maka hal itu diyakini akan lebih membebani kinerja RAM itu sendiri.

Memori RAM yang bekerja terlalu keras dipicu dan diyakini dapat membuat HP menjadi cepat panas.

Dan hal itu sekaligus dapat menguras daya baterai yang ada. Maka untuk mengatasi itu, disarankan untuk menginstal beberapa aplikasi yang menurut pengguna penting guna meminimalkan kinerja memori RAM.

Gunakan Baterai dan Charger Original

Menggunakan HP dalam waktu yang sangat lama akan membuat baterai HP cepat habis.

Efeknya anda akan terus melakukan proses charging HP yang terlalu sering dalam satu hari, dan hal ini akan berdampak pada carger dan baterai HP yang akan mengalami penurunan kualitas.

SIM Card Tidak Terbaca? Coba cara ini agar SIM Card terbaca

Bahkan ketika rusak mampu merogoh kocek untuk membeli charger atau baterai baru.

Nah, ketika membeli charger atau baterai yang baru, sebaiknya beli charger atau baterai yang original.

Memang harganya jauh lebih mahal dari pada yang bukan original, namun hal ini tidak akan berdampak buruk terhadap HP anda. Dari pada anda membeli yang murah namun membahayakan HP anda.

Terlebih lagi anda juga tidak mengetahui asal usul HP tersebut. Jika anda terlalu sering menggunakan baterai atau charger maka, bisa dipastikan HP anda akan sering panas.

Charger Ponsel Secukupnya

Jika baterai HP sudah terisi penuh, sebaiknya segera hentikan proses charging. Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger secara terus menerus ternyata tidak aman.

Hal ini juga dapat menyebabkan baterai HP cepat panas atau overheat. Meskipun beberapa charger dapat memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100%, namun membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100% terus terisi juga tidak baik.

Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali justru lebih baik, daripada baterai dibiarkan hingga kondisi 0% lalu diisi daya.

Tidak Memainkan HP Saat Mengisi Daya

Salah satu kebiasaan yang sulit untuk dirubah yaitu memainkan atau menggunakan HP dalam kondisi mengisi daya.

Padahal hal ini membuat HP mudah sekali panas. Hal ini tentu saja tidak dianjurkan oleh siapapun.

Bahkan menggunakan Hp saat mengisi daya akan membuat baterai lebih cepat habis dan tentunya HP akan lebih mudah rusak.

Belum lagi suhu panas yang sangat terasa ketika kita menggunakan android saat sedang dicarger.

Membersihkan HP dari Debu

Mengapa membersihkan HP dari debu mampu untuk mengatasi HP yang cepat panas? Karena ternyata lubang pada body HP bisa menutupi alur suhu panas yang keluar dari HP.

Sehingga mampu menyumbat suhu panas karena lubang tertutup oleh debu. Jika sudah kejadian, alias HP sudah tertutup debu, sebaiknya atasi dengan menggunakan semacam cotton buds.

Pastikan juga bersihkan bagian baterai, terutama untuk HP dengan jenis baterai yang bisa dicopot.

Beri Waktu HP untuk Istirahat

Terlalu asik dalam bermain Hp ternyata bisa membuat Hp kita menjadi panas loh. Misalnya untuk streaming YouTube, Telepon, bahkan untuk bermain Game.

Berilah waktu istirahat untuk HP anda dari aktivitas pemakaian berat yang tiada henti, agar Hp anda tidak merasa tersiksa.

Instal Aplikasi Pendingin

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi HP yang cepat panas adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin HP.

Aplikasi pendingin HP ini cukup bermanfaat dan bisa membantu menjaga suhu atau mendinginkan smartphone Anda.

Beberapa aplikasi pendingin HP yang bisa Anda coba adalah Cool Master, Super Cooler-CPU, EaseUS Coolphone, dan masih banyak lagi.

Instal Aplikasi Penghapus Sampah

Selain aplikasi pendingin, menginstal aplikasi penghapus sampah juga dapat membantu HP yang sering panas. Karena di HP Android umumnya terdapat banyak file yang tidak terlalu berguna.

File tersebut biasanya berupa sampah, cache, hingga cookies. Jika file ini sudah terlalu banyak dan dibiarkan, efeknya akan berdampak pada dapur pacu dan RAM yang kemudian memicu smartphone menjadi panas.

Karena itu, jangan sepelekan file “sampah” yang ada di HP Anda. Lakukan pembersihan file secara rutin.

Untuk proses pembersihannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi dari Google, Files Go, yang jelas memiliki kinerja baik dan akses izin aplikasi yang aman.

Instal Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengatasi HP panas. Aplikasi ini sudah tersebar di toko aplikasi.

Aplikasi ini tidak hanya untuk menghemat baterai saja, namun aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menutup aplikasi yang berjalan di belakang (berpotensi membuat HP cepat panas)

Selain itu, aplikasi penghemat baterai juga biasanya memiliki fitur untuk mempercepat kinerja HP Anda. Fitur ini sangat berguna untuk meningkatkan performa HP Anda.

Anda bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai semacam Hibernation Manager, Account Sync Profiler, DU Battery Saver, Battery Booster Lite dan masih banyak lagi.

Hindari HP Dari Air

Mungkin sering dari kita mengira jika HP panas maka harus diberi air agar cepat dingin.

Namun, ternyata air bisa jadi salah satu penyebab HP bisa jadi cepat panas dan lemot. Karena itu, anda sebaiknya menghindari menggunakan HP di kolam, Pantai, atau kamar mandi.

Terlalu banyak terkena air hanya akan membuat HP menjadi cepat rusak. Berbeda halnya dengan HP yang memang sudah anti air.

Matikan Koneksi dan Tutup Aplikasi yang tidak Digunakan

Mematikan koneksi juga mampu untuk mengatasi HP yang cepat panas. Misalnya ketika anda sedang rapat, anda bisa mematikan jaringan internet terlebih dulu.

Hal lain yang perlu dinonaktifkan seperti GPS, bluetooth, atau NFC. Cara ini juga efektif untuk menghemat baterai.

Hindari Menyalakan WiFi Terus Menerus

Jangan lupa untuk mematikan jaruingan WiFi, terlebih jika anda tidak berada di jaringan yang terdapat WiFinya. Pasalnya, WiFI akan terus menerus mencari jaringan secara otomatis.

Padahal belum tentu anda akan berada pada kawasan WiFi. Hal ini ternyata berpotensi membuat HP anda cepat panas.

Gunakan Anti-Cryptocurrency Mining

Saat ini cryptocurrency sedang naik daun. Yang paling terkenal adalah bitcoin.

Banyak situs mencoba peruntungan menambang bitcoin dengan cara menggunakan resource dari device yang mengakses situs tersebut tanpa izin pengguna device.

Lepas Cover Pelindung

Sebaiknya jangan menutupi ponsel dengan cover pelindung yang terlalu tebal. Penggunaan cover yang tebal memang cukup bagus untuk melindungi ponsel dari goresan.

Namun, cover yang tebal tersebut dapat menutup udara masuk sehingga ponsel menjadi cepat panas.

Gunakan Jaringan yang Stabil

Salah satu faktor yang menyebabkan HP mudah sekali panas, yakni adalah karena kondisi jaringan yang tidak stabil.

Meskipun hal ini tidak berdampak langsung, namun lama-kelamaan akan membuat suhu panas yang berlebihan.

Ada yang belum tahu dengan cara apa saja bisa menyalakan senter Hp? jika belum, yuk baca artikel di blog ini mengenai cara menyalakan flashlight (senter) hp android. Mungkin ada cara yang belum anda ketahui.

Namun ternyata masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah. Anda hanya perlu menggunakan provider jaringan yang koneksinya dinilai lebih stabil didaerah anda.

Secara umum beberapa penyedia provider telekomunikasi telah menyediakan koneksi stabil berbasis 3G dan 4G / LTE secara menyeluruh hingga kebeberapa pelosok negeri.

Simpan HP Dengan Benar

Salah satu cara mengatasi HP cepat panas yaitu dengan menyimpan HP ditempat yang benar dan tepat. Tidak membiarkan HP terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

Selain akan membuat Hp panas, terpapar sinar matahari yang lama juga akan membuat beberapa komponen dan hardware pada HP cenderung mudah rusak.

Matikan HP

Cara termudah yakni dengan mematikan HP panas. Mengapa demikian? Karena pada saat HP mati, secara otomatis akan menghentikan seluruh proses yang terjadi saat HP menyala. Hal tersebut dengan cepat akan menurunkan temperatus HP

Factory Reset

Langkah terakhir dari tips dan trik mengatasi HP yang panas adalah dengan cara factory reset. Melakukan factori reset akan menghapus file yang ada di HP, kecuali aplikasi yang sudah terpasang bawaan pabrik.

Kesimpulan Mengenai Cara Mengatasi Hp Android Yang Cepat Panas

Itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi smartphone android yang cepat panas ketika digunakan.

Kesimpulan yang bisa diambil yakni banyak sekali solusi yang bisa diterapkan. Namun tidak semua solusi tersebut berhasil memberikan jalan.

Mungkin ada beberapa cara yang dimana tidak tepat atau kurang pas digunakan untuk android Samsung, namun cocok dengan merek Oppo.

Jadi tidak menutup kemungkinan cara-cara di atas 100% berhasil, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu.

Karena dari sekian banyak cara di atas barang kali ada satu cara yang dapat memberikan solusi yang tepat untuk smartphone tercinta anda.

Mungkin itu saja pembahasan pada artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan solusi bagi anda.

Jangan lupa dukung terus blog ini dengan cara share dan juga komentar apa bila ada hal yang perlu di tanyakan atau ingin memberikan suatu saran.

Terima kasih.



Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Bank, OVO, atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain dan server vrontalmedia.com - Terima kasih.

KlIK DISINI UNTUK DONASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *